Monkay kung fuu

Cute Rocking Baby Monkey

Sabtu, 30 November 2013

Kode Etik Kepemimpinan


Pengertian Kode Etk:

            Yang dimaksud dengan kode etik adalah pola aturan, tata cara, tanda,pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku. Dalam kaitannya dengan profesi, bahwa kode etik merupakan tata cara atau aturan yang menjadi standart kegiatan anggota suatu profesi. Suatu kode etik menggambarkan nilai-nilai professional suatu profesi yang diterjemahkan kedalam standart perilaku anggotanya.
Ø  Sumber : Ahmad Mubarok, 2009, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri                 S               Syarif Hidayatullah, Jakarta.

v  Definisi Etika Kepemimpinan 1:
              Etika adalah perilaku berstandar normatif berupa nilai-nilai moral, norma-norma, dan hal-hal yang baik-baik. Etika difungsikan sebagai penuntun dalam bersikap dan bertindak menjalankan kehidupan menuju ke tingkat keadaan yang lebih baik. Pada dasarnya arti hakiki etika adalah determinasi pedoman untuk menjalankan apa-apa yang benar dan tidak melakukan apa-apa yang tidak benar. Dengan demikian menjalankan suatu kehidupan yang beretika diyakini akan membawa kehidupan pada suatu kondisi yang tidak menimbulkan efek negatif yang merugikan bagi kehidupan di sekitarnya.Maka dari itu etika dalam kepemimpinan diperlukan dalam pengambilan keputusan atau segala hal karena dengan etika dapat membedakan mna yang baik dan yuang buruk.
Ø  Sumber : Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo P          Persada : Jakarta

v  Definisi Etika Kepemimpinan 2:
Etika kepemimpinan pemerintahan dapat dimaknai sebagai implementasi kepemimpinan pemerintahan yang mempedomani nilai-nilai etika pemerintahan. Sebagaimana dipahami bahwa di dalam organisasi pemerintahan, peran pemimpin sangat sentral artinya dinamika bergeraknya organisasi pemerintahan sangat dipengaruhi oleh perilaku pemimpinnya, oleh karena itu baik buruknya penyelenggaraan pemerintahan sangat ditentukan oleh pemimpinnya.
Pemerintahan merupakan institusi netral, dimana di dalamnya terbuka peluang bagi pemimpinnya untuk berbuat baik atau sebaliknya. Apabila pemerintahan dikelola oleh pemimpin yang memegang etika kepemimpinan pemerintahan, maka rakyat akan menerimanya sebagai
A.      Karakter Pemimpin Pemerintah yang ber-etika
1. Akomodatif
            Seorang pemimpin pemerintahan harus dapat menerima kritik atau usulan dari berbagai pihak, hal ini harus dilakukan karena kebenaran itu tidak hanya datang dari satu pihak, tetapi dari semua orang.

2. Sensitif
            Karakter kepemimpinan ini ditandai dengan kemampuan untuk secara dini memahami dinamika perkembangan masyarakat, mengerti apa yang mereka butuhkan, dan mengusahakan agar menjadi pihak pertama yang member perhatian terhadap kebutuhan itu, dengan kata lain pemimpin yang baik harus turun dari kantor atau rumah, lalu melihat kekurangan-kekurangan yang dihadapi rakyat.

       3. Responsif
            Karakter ini ditandai aktifnya pemimpin jika berhadapan dengan rakyat, pemimpin dalam hal ini lebih banyak berperan menjawab aspirasi atau tuntutan masyarakat yang disalurkan melalui media massa. Setiap usulan rakyat tidak hanya didengar saja, tetapi ditindak lanjuti dengan aksi.
       4. Proaktif
            Karakter ini ditandai sikap antisipasi terhadap kejadian-kejadian yang akan timbul yang akan merugikan masyarakat misalnya banjir, wabah penyakit, kelaparan dan sebaginya.
Ø  Sumber: Rahmat (Rasyid, 2001:422).





v  KESIMPULAN
Kode etik adalah pernyataan standar profesional yang digunakan sebagai pedoman perilaku dan menjadi kerangka kerja untuk membuat keputusan. Oleh karenanya seorang pemimpin harus memiliki kode etik karena tanggung jawab utama dari seorang pemimpin adalah membuat keputusan etik dan berperilaku secara etik pula, serta mengupayakan agar organisasi yang dipimpin dapat memahami dan menerapkannya dalam kode-kode etik. Sedangkan kode etik atau Etika sendiri adalah perilaku berstandar normatif berupa nilai-nilai moral, norma-norma, dan hal-hal yang baik-baik. Etika kepemimpinan pemerintahan dapat dimaknai sebagai implementasi kepemimpinan pemerintahan yang mempedomani nilai-nilai etika pemerintahan. Sebagaimana dipahami bahwa di dalam organisasi pemerintahan, peran pemimpin sangat sentral artinya dinamika bergeraknya organisasi pemerintahan sangat dipengaruhi oleh perilaku pemimpinnya.

B.       Kode Etik kepemimpinan dalam berorganisasi yaitu :
1.      Beretikat baik
  1. Profesional
  2. Dapat dipercaya
  3. Mempunyai intregitas dan dedikasi
  4. Bisa mengambil keputusan
  5. Mau menerima pendapat/saran dari orang lain
  6. Jujur dan bertanggung jawab
  7. Selalu mengedepankan kepentingan umun daripada kepentingan pribadi
9.      Menjaga perasaan orang lain
10.  Memecahkan masalah dengan rendah hati
11.  Menghindari pemaksaan kehendak tetapi menghargai pendapat orang lain
12.  Mengutamakan proses dialogis dalam memecahkan masalah
13.  Menanggapi suatu masalah dengan cepat, dan sesuai dengan keahlian (competence)
14.  Menyadari kesalahan dan berusaha untuk memperbaiki (improving value)
15.  Mengedepankan sikap jujur, disiplin, dan dapat dipercaya
16.  Standar aturan prilaku dan moral yang mengikat profesi tertentu (kepemimpinan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar