Monkay kung fuu

Cute Rocking Baby Monkey

Sabtu, 30 November 2013

PERAN MANAJEMEN



1)      Pengertian manajemen
Kata manajemen di ambil dari kata bahasa inggris yaitu “manage” yang berarti mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin.
Berikut pengertian manajemen menurut beberapa ahli :
  1. Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian,penyusunan,pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (By : Drs. Oey Liang Lee )
  2. Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi tang telah ditetapkan. (By : James A.F. Stoner)
  3. Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. (By : R. Terry )
  4. Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.(By : Lawrence A. Appley)
  5. Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. (By : Horold Koontz dan Cyril O’donnel )
Sebenarnya ada banyak versi mengenai definisi manajemen, namun demikian pengertian manajemen itu sendiri secara umum yang bisa kita jadikan pegangan adalah :
Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.


2)      Mengapa manajemen penting dalam kehidupan kita ?
Karena manajemen adalah suatu kegiatan yang digunakan harus mengatur semuanya dengan baik, agar dapat melakukan kegiatan dengan efektif dan efisien. Oleh  karena itu menurut saya manajemen dalam kehidupan sehari-hari sangat penting . karena dengan adanya manajemen kita bisa mengatur semua kegiatan agar dapat dilakukan dengan efesien dan efektif.  Tanpa adanya manajemen kegiatan kita dalam kehiidupan sehari-hari akan tidak teratur.

Salah satu contoh pentingnya manajemen dalam kehidupan sehari-hari adalah pentingnya kita memanajemen keuangan kita. Karena dengan kita memanaj keuangan kita dapat mengatur keuangan dalam keseharian kita. Apabila kita tidak memanaj keuangan kita maka yang akan terhadi hanya pemborosan penggunaan uang untuk membeli barang yang tidak penting. Dalam suatu kehidupan sehari-hari memanaj keuangan harus di terapkan agar antara pemasukkan yang didapat dari bekerja dapat mencukupi kehidupan kita dengan memanaj pengeluaran yang keluar sehari-hari. Apabila manajemen keuangan tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan terjadi pengeluaran yang berlebihan dan tak mencukupi kehidupan kita.

Contoh lain pentingnya manajemen dalam kehidupan sehari-hari adalah memanaj waktu. Memanaj waktu harus kita lakukan agar dapat memanfaatkan waktu yang bisa mungkin. Tidak melakukan kegiatan yang hanya membuang-buang waktu. Memanaj waktu sangat penting karen dengan memanaj waktu semua kegiatan kita dalam keseharian akan tertata rapih. Kegiatan yang kita lakukan dalam sehari-hari dapat teratur dan tidak terjadi dua kegiatan dalam satu waktu.

Ø  Peran penting manajemen dalam organisasi:
          Dalam organisai kegiatan manajemen sangat penting. Menej dalam organisasi merupakkan suatu cara yang harus di lakukan. Kantor merupakan salah satu organisai yang menggunakan manajemen. Pengertian kantor sendiri adalah keseluruhan ruang yang menjadi tempat pelaksanaan kegitan tata usaha, kegiatan manajemen, tugas pimpinan lainnya dalam sebuah organisasi. Dalam kantor perlu di bentuk kegiatan manajemen. Manajemen disini bukan hanya tentang keuangan melainkan tentang penjadwalan para pekerja di kantor tersebut.
Keuangan dalam perkantoran harus di menej agar dapat mengatur semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi dalam kantor tersebut. Apabila kegiatan memanaj keuangan tidak dilakukan akan terjadi pembangkrutan kantor karena tidak adanya pencatatan keuangan kantor tersebut. Untuk menjalankan manajemen dalam perkantoran kantor perlu membentuk sekelompok karyawan. Manajemen keuangan merupakan kegiatan yang paling penting dalam perkantoran. Karena kauangan adalah tujuan orang melakukan perkantoran.Manajemen perjadwalan atau memanaj jadwal para karyawan yang bekerja di kantor tersebut. Memanaj jadwal harus dilakukan untuk mengatur pekerjaan para karyawan kantor. Tanpa adanya penjadwalan kantor tidak dapat berjalan karena tidak adanya jam kerja untuk karyawan kantor tersebut. Selain mengatur jadwal karyawan kantor perlu jg mengatur bagian bagian untuk mendifisikan pekerja pekerjanya.

a)    Organisasi Formal
            Organisasi formal adalah organisasi yang dibentuk secara sadar dan mempunyai tujuan tertentu, hubungan wewenang, terikat, tanggung jawab maupun pertanggungjawaban dirancang oleh kepala organisasi agar pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang telah disepakati bersama. Salah satu contoh  dari organisasi formal adalah kantor.

b)     Organisasi Informal
            Organisasi informal pada struktur organisasi tidak akan terlihat tetapi akan selalu mengikuti keberadaan organisasi formal. Organisasi informal merupakan organisasi yang tercipta karena adanya hubungan antar pribadi yang secara tidak sadar terjadi keberadaanya tanpa didasarkan pada hubungan wewenang formal pada struktur organisasi maupun kesepakan tujuan bersama. Salah satu contoh dari organisasi informal adalah kerja kelompok.

3)      Manajemen yang baik ditentukan kwalitas pribadi jelaskan !
            Manajemen yang baik ditentukan kwalitas pribadi yang baik karena kwalitas pribadi yang menarik pasti dapat memotifasi ornang lain sehinggga terjalin komunikasi yang simpatik yang menimbulkan human relation yang manusiawi yang keputusanya dikagumi dan menjadi pemimpin yang disegani sehingga menghasilkan manajemen yang efektif dan efisien
4)      Inti manajemen adalah kepemimpinan yang baik mengapa demikian ?
            Karena manajemen dapat dikatakan baik karena berasal dari pemimpin yang disegani dimana setiap perkataan dan perbuatanya dapat diteladani karena didasari oleh keputusan yang bijak dan objektif yang dapat menghasilkan hubungan yang harmonis dalam suatu organisasi dengan demikian dapat meningkatkan prestasi kerja sehingga menghasilkan manajemen yang baik karena diawali oleh pemimpin yang baik pula.

5)      Apa perbedaan leader dan manajer ?
Perbedaan manajemen dan kepemimpinan adalah Kemimpinan terjadi setiap saat dan di manapun asalkan ada seseorang yang berusaha untuk mempengaruhi perilaku orang lain atau kelompok, tanpa mengindahkan bentuk alasannya. Kepemimpinan dapat dipergunakan setiap orang dan tidak hanya terbatas berlakudalam suatu organisasi atau kantor tertentu, tidak harus dibatasi oleh aturan aturan atau tatakrama birokrasi. Kepemimpinan tidak harus diikat dalam suatu organisasi tertentu. Kepemimpinan.bisa terjadi di mana saja, asalkan seseorang menunjukkan kemampuannya mempengaruhi perilaku orang-orang lain kearah tercapainya suatu tujuan tertentu.

Manajemen terjadi bila mana pengertian kepemimpinan dibatasi oleh tatakrama birokrasi atau dikaitkan terjadinya dalam suatu organisasi tertentu, maka dinamakan manajemen, Fungsi-fungsi seperti perencanaan, pengaturan, motivasi dan pengendalian senantiasa ada di dalamnya. Jadi dapat terjadi seorang manajer berperilaku sebagai seorang pemimpin, asalkan dia mampu mempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Tetapi seorang pemimpin belum tentu harus menyandang jabatan manajer untuk mempengaruhi perilaku orang lain. Dengan kata lain seorang leader atau pemimpin belum tentu seorang manajer, tetapi seorang manajer bias berperilaku sebagai seorang leader atau pemimpin.

 

DAFTAR PUSTAKA

Ernie Tisnawati Sule dkk, 2005, Pengantar Mnajemen, Jakarta, Predana MediaGrouf.
Gary Yulk, 1994, Kepemimpinan Dalam Organisasi (Edisi bahasa Indonesia),Jakarta, Prenhallindo.
Miftah Thoha, 2007, Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta, PT. Raja GrafindoPersada.
Mantja, 2008, Prosesionalisme Tenaga Kependidikan Manajemen Pendidikan danSupervisi Pendidikan, Malang,Elang Mas.
Pangewa Maharuddin, 1989, Kepemimpinan Dalam Proses Administgrasi, UjungPandang, FPIPS IKIP Ujung Pandang.
Pangewa Maharuddin, 1989, Tiga Serangkai Ilmu Administrasi, Organisasi danManajemen, Ujung Pandang, FPIPS IKIP Ujung Pandang.
Siagian Sondang P, 1985, Organisasi Kepemimpinan & Perilaku Organisasi, Jakarta,PT. Gunung Agung.
Siagian Sondang P, 2003, Teori dan Praktek Kepemimpinan, Jakarta, PT. RinekaCipta.
Wibowo, 2008, Manajemen Kinerja, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar