Monkay kung fuu

Cute Rocking Baby Monkey

Sabtu, 30 November 2013

Pengertian ETIKA



Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlaq); kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq; nilai mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau masyarakat. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1989) Etika adalah suatu ilmu yang membahas tentang bagaimana dan mengapa kita mengikuti suatu ajaran moral tertentu atau bagaimana kita harus mengambil sikap yang bertanggung jawab berhadapan dengan pelbagai ajaran moral. (Suseno, 1987). Etika sebenarnya lebih banyak bersangkutan dengan prinsip-prinsip dasar pembenaran dalam hubungan tingkah laku manusia. (Kattsoff, 1986). Berdasarkan beberapa pemikiran diatas etika menurut Bartens sebagaiman dikutip oleh abdul kadir,memberikan tiga arti etika yaitu:
1)      Etika dipakai dalam arti nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Arti ini dapat juga disebut sistem nilai dalam hidup manusia perseorngan atau hidup bermasyrakat.
2)      Etika dipakai dalam arti kumpulan asas dan nilai moral,yang dimaksud disi adalah kode etik.
3)      Etika dipakai dalam arti ilmu tentang yang baik atau yang buruk, arti ini sama dengan   filsafat moral
*      Dalam perkembangannya etika dapat dibagi dua yaitu etika perangai dan etika moral yaitu:          
1)      Etika perangai adalah adatistiadat atai kebiasaan yang menggambarkan perangai manusia dalam hidup bermasyarakat didaerah tertentu dan pad waktu tertentu.etika perangai tersebut diakui dan berlaku karena disepakati masyarakat berdasarkan hasil penelitian.contoh etika perangai adalah:
1. Berbusana adat
2. Pergaulan muda mudi
3. Perkawinan semenda
4. Upacara adat
2)      Sementara itu untuk etika moral adalah berkenaan dengan kebiasaan berperilaku baik dan benar berdasarkan kodrat manusia.apabila etika tersebut dilanggar timbullah kejahatan yaitu perbuatan yang tidak baik dan tidak benar,kebiasaan ini berasal dari kodrat manusia yang disebut moral,contoh moral adalah:
1.      Berkata dan berbuat jujur
2.      Menghormati orang tua
3.      Menghargai orang lain
4.      Membela kebenaran dan keadilan
5.      Menyantuni anak yatim piatu
Ø  Sumber: Supriadi,S.H.,M.HUM . 2006.etika dan tanggung jawab profesi hukum di indonesia Jakarta. Sinar Grafika

Etika (ethic) juga berbicara tentang baik buruk, tetapi konsep baik buruk dalam etika bersumber kepada kebudayaan, sementara konsep baik buruk dalam ilmu akhlak bertumpu kepada konsep wahyu, meskipun akal juga mempunyai kontribusi dalam menentukannya. Dari segi ini maka dalam etika dikenal ada etika Barat, etika Timur dan sebagainya, sementara al akhlaq al karimah tidak mengenal konsep regional, meskipun perbedaan pendapat juga tidak dapat dihindarkan. Etika juga sering diartikan sebagai norma-norma kepantasan (etiket), yakni apa yang dalam bahasa Arab disebut adab atau tatakrama. Di Al Qur’an juga dikenal istilah al ma’ruf, yakni sesuatu yang secara sosial dipandang baik atau patut. Lawannya adalah al munkar, yaitu kejahatan yang diselimuti dengan logika, sekan-akan kebaikan. Dari istilah ini kita mengenal istilah amar ma’ruf nahy munkar. Sedangkan kejahatan murni disebut fahisyah atau fahsya.
Ø  Sumber: Ahmad Mubarok, 2009, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, hal. 24.

v  KESIMPULAN
Dari penjelasan di atas dapat saya tarik kesimpulan bahwa Etika (ethic) adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlaq) kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq; nilai mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau masyarakat. Dalam perkembangannya etika dibagi dua yaitu etika perangai dan etika moral. Etika juga sering diartikan sebagai norma-norma kepantasan (etiket), yang dalam bahasa Arab disebut adab atau tatakrama. Di Al Qur’an juga dikenal istilah al ma’ruf, yakni sesuatu yang secara sosial dipandang baik atau patut. Lawannya adalah al munkar, yaitu kejahatan yang diselimuti dengan logika, sekan-akan kebaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar